Kamis, 29 Juni 2017

Khasiat Kulit Udang Meningkatkan Stamina Vitalitas

KULIT UDANG
==============>>

Udang adalah salah satu binatang air yang biasa dikonsumsi  karena memiliki rasa yang lezat. Udang biasanya diolah menjadi aneka olahan lezat seperti tumis, udang goreng maupun campuran sayur. Namun, kebanyakan orang akan membuang kulit udang yang keras terlebih dahulu sebelum menjadikannya suatu olahan hidangan yang sangat digemari.

kulit udang, manfaat kulit udang, khasiat kulit udang

Padahal tanpa kita sadari sebenarnya pada kulit udang terdapat manfaat atau khasiat yang luar biasa. Kulit yang memiliki tekstur keras ini ternyata mengandung vitamin B12, kalsium, fosfor dan antimikroba

Udang merupakan binatang perairan yang dapat ditemukan di hampir semua ‘genangan’ air yang berukuran besar seperti air tawar, air payau maupun air asin dengan kedalaman yang bervariasi. Binatang yang kaya akan protein dan kalsium ini sudah tidak dapat diragukan lagi kelezatanya. Udang ini dapat dimasak dalam berbagai cara. Udang telah banyak dimanfaatkan untuk bahan berbagai jenis makanan seperti tumis udang, saus tiram, saus padang, bakwan udang, nasi goreng udang,  ca kangkung udang maupun jenis makanan lainnya.

Udang adalah binatang air yang biasa dijadikan makanan oleh manusia karena rasanya yang relatif enak dan bisa diolah menjadi berbagai masakan enak yang bergizi tinggi.  Udang memiliki cangkang atau kulit keras yang berguna untuk melindungi tubuhnya yang lunak ketika hidup di dalam air.  Namun dalam dunia makanan manusia, kulit udang ternyata suka disingkirkan dengan alasan yang beragam.  Padahal kulit udang atau cangkang udang memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan tubuh manusia yang memakannya.


manfaat yang bisa didapatkan dengan kandungan tersebut antara lain :
1. Untuk mencegah Penyakit Anemia

Kandungan Vitamin B12 yang terdapat pada kulit udang diyakini mampu meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi udang Anda dapat terhindar dari penyakit anemia atau yang sering disebut darah rendah.

2. Mencegah Tulang Keropos/ Ostheoporosis

Penyebab utama pengeroposan tulang adalah kurangnya kandungan kalsium dan fosfor pada tubuh. Kulit udang memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi, jika kita mengkonsumsinya maka akan terhindar dari pengeroposan tulang dan juga menjadikan tulang kita lebih kuat. Selain itu kandungan glucosamine dapat membantu pembentukan tulang rawan dan mengatasi masalah persendian.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Imun tubuh atau daya tahan tubuh ini sangat diperlukan bagi tubuh kita. Jika tubuh memiliki sistem kekebalan yang baik maka terhindar dari beberapa penyakit. Salah satunya yaitu kulit udang mengandung beberapa kandungan vitamin yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem imun.

4. Mencegah Depresi

Depresi merupakan salah satu penyakit yang termasuk dalam gangguan jiwa ringan. Agar Anda semua terhindar dari penyakit ini ada banyak solusi yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan kulit udang yang mengandung omega 3 diyakini dapat dapat mencegah terjadinya depresi.

5. Mencerdaskan Otak

Anda mempunyai anak kecil? Anda menginginkan anak Anda cerdas? Ketika anda Bingung Bagaimana Caranya?? Jangan khawatir, masalah yang Anda alami akan mendapatkan solusi yang cepat dan mudah. Kulit udang yang mengandung omega 3 ini diyakini dapat mencerdaskan otak. Nah,, mudah bukan solusinya.

Beberapa Khasiat, Fungsi, Kegunaan, Manfaat Kulit Udang Bagi Kesehatan Manusia :

1. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh Manusia

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Manusia

3. Meringankan Beban Kerja Liver Manusia

4. Mempercepat Penyembuhan Luka Pada Manusia

5. Mempercepat Penyembuhan Tulang Manusia yang Rusak

6. Mengatasi atau Menghambat Perkembangan Mikroba Patogen Penyebab Tipes / Typhus

7. Menghambat Pembanyakan Sel Kanker Lambung Manusia

8. Mengurangi Tekanan Kerja Organ Tubuh Akibat Kelebihan Kadar Lemak

Meskipun demikian, banyak orang yang sengaja membuang kulit udang dikarenakan teksturnya yang keras untuk dimakan. Selain itu, kulit udang yang merupakan tulang belakang hewan ini terkadang juga dianggap sebagai limbah yang tidak ternilai harganya. Padahal, kulit udang ini memiliki berbagai macam manfaat yang tidak kalah menarik

Kulit udang bersamaan dengan kepala dan ekor udang mengandung senyawa kimia berupa kithin dan kithosan yang dapat digunakan sebagai bahan penyerap logam-logam berat dari limbah industri. Hal ini dimungkinkan karena senyawa kithin dan kithosan pada kulit udang ini memiliki sifat kimia tinggi sebagai bahan pengemulsi koagulasi yang berperan sebagai penukar ion serta penyerap logam berat dalam air limbah. Koagulasi dari kulit udang ini lebih ramah lingkungan dan memberikan tambahan nilai lebih pada usaha produksinya.

Limbah kulit udang juga dapat dibuat menjadi membran kitosan yang dapat digunakan untuk menjernihkan air yang semula kotor atau keruh. Membran kitosan ini pertama kali dibuat dan dikarakterisasi oleh Muzarelli (1974) dengan pembuatan larutan kitosan dalam asam format. Membran kitosan ini diperoleh dari evaporasi larutan yang dituangkan ke lempeng gelas dan diletakkan pada posisi mendatar hingga asam format habis terevaporasi.kulit udang jugaMengurangi kerja tubuh yang disebabkan oleh kelebihan Kadar Lemak
Kelebihan kadar lemak pada tubuh akan menyebabkan beban kerja tubuh bekerja secara maksimal, hal ini dapat menyebabkan tubuh kita mudah lelah. Kandungan yang terdapat pada kulit udang ini mempunyai manfaat yang sangat luar biasa yaitu meringankan kerja beban tubuh. Jadi, sangat disarankan bagi yang memiliki kadar lemak berlebih untuk mengkonsumsi udang.

Dari begitu banyaknya manfaat yang bisa kita dapat dari kulit udang yang suka dibuang ketika hendak diolah menjadi makanan, sangat disayangkan jika hal ini terjadi.  Tentu akan lebih baik jika udang dimasak menjadi masakan yang dimakan manusia dalam keadaan utuh cangkang / kulit udangnya sehingga diserahkan kepada orang yang memakannya, mau dimakan atau tidak kulit udang yang tersaji.  Bahkan jika kulit udang diolah menjadi makanan khusus yang enak dan lezat tentu akan lebih bagus lagi.

Jika kita bertindak sebagai pemakan makanan udang-udangan, maka hendaknya kita tidak menyingkirkan cangkang udang atau kulit udang dari udangnya saat kita hendak memakannya.  Selain kulit udang, kalau bisa kita jangan menyingkirkan kaki udang, buntut udang, garis hitam udang (saluran ekskresi), kepala udang, mata udang, antena udang, dan lain sebagainya.  Setiap bagian tentu punya manfaat atau khasiat khas tersendiri bagi manusia.

ulit udang dapat dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pakan unggas dengan membuatnya sebagai tepung kulit udang yang dicampurkan ke dalam makanan unggas. Menurut Rasyaf (1994), tepung dari kulit udang ini mengandung protein kasar (35%-45%) dengan kualitas baik dan kandungan mineral yang baik untuk dikombinasikan dengan tepung ikan maupun sumber nabati sebagai bahan pakan. Menurut Sinurat (1999), tepung dari kulit udang ini juga merupakan sumber pigmen asthaxatin yang membuat warna kuning telur dan daging menjadi cerah.

Begitu banyak manfaat yang terdapat pada kulit udang, sangat sayang sekali jika kulit udang yang memiliki manfaat luar biasa tersebut dibuang begitu saja. Maka dari sekarang ketika memasak udang jangan membuang kulitnya.

Fakta lain membuktikan, kulit udang yang dimasak secara bersamaan tanpa dikuliti terlebih dahulu ini akan membuat udang yang kita masak menjadi lebih segar dan tidak menghilangkan rasa yang lezat yang terdapat pada udang Dan ternyata manfaat yang kita dapat juga lebih banyak karna kulit udang sendiri memiliki kesamaan manfat dengan Obat Forex jadi selain untyk lebih nikmat ternyata juga kandungan kulit udang mampu memperkasa stamina organ vitalitas. Hanya saja, memasak udang dengan kulitnya terkadang membuat daging terasa lebih alot dan keras. Apalagi jika udang dimasak dengan cara direbus atau ditumis.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com